akar kuning obat penyakit HEPATITIS / LIVER alami

Manfaat dan Cara Mengolah Akar Kuning Asli Kalimantan

Manfaat Akar Kuning Bagi Kesehatan 

Akar kuning merupakan tanaman tropis yang tumbuh hampir di seluruh hutan hujan tropis di dunia, dari mulai Hutan Amazon Brazil hingga hutan tropis di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Meskipun tanaman ini belum terlalu lama dikenal oleh dunia medis sebagai tanaman obat, kayu akar kuning sebenarnya sudah sejak lama dimanfaatkan oleh suku dayak sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) pada bulan Mei tahun 2013 lalu menemukan bahwa tumbuhan akar kuning memiliki kandungan beberapa senyawa kimia seperti saponin, alkoloid dan zat lender yang diketahui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.
Zat saponin sendiri merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas rasa pahit dari akar kuning. Namun jangan khawatir, tanaman-tanaman yang berasa pahit biasanya kaya akan manfaat. Termasuk juga akar kuning ini.

Cara Mengolah Akar Kuning

Salah satu cara pemanfaatan tanaman akar kuning sebagai obat adalah dengan cara mengambil air sarinya dengan cara direbus. Caranya, potong-potong bagian akar dan kayu dari tanaman akar kuning sebesar ruas jari kemudian jemur di bawah sinar matahari selama tiga jam. Setelah itu rebus akar dan batang dari tanaman akar kuning ini bersama dua gelas air sampai mendidih dan air rebusan berubah menjadi kuning. Kemudian saring untuk memisahkan air sari akar kuning dengan ampasnya. Tunggu sampai dingin dan ramuan akar kuning siap dimanfaatkan sebagai jamu untuk diminum maupun untuk pemakaian luar. Jemur kembali akar kuning yang sudah anda rebus tadi jika ingin mengolahnya lagi.

Manfaat Akar Kuning untuk Pengobatan

Berikut adalah beberapa manfaat akar kuning yang dapat anda peroleh dengan cara mengolahnya sebagai jamu seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.
  1. Menghambat Kanker 
    Di dalam kayu kuning ditemukan senyawa-senyawa bioaktif yang diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa bioaktif ini diidentifikasi mampu menghambat hingga 20% pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
  2. Meredakan Diare dan Disentri
    Dengan cara mencampur satu gelas air sari akar kuning yang masih panas dengan satu butir kuning telur dari ayam kampung.
  3. Mengatasi Masalah Pernapasan
  4. Mengatasi Nyeri Dada
  5. Penambah nafsu makan anak
  6. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  7. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh
  8. Obat Antimalaria
  9. Kegunaan Lain Akar Kuning
    Dalam pengobatan tradisional akar kuning juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah tulang seperti rematik dan nyeri sendi. Sari akar kuning juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit asma dan diabetes. Selain itu tanaman akar kuning juga dapat digunakan sebagai obat penawar racun ular, kalajengking, dan lipan.

    harga akar kuning Rp 50.000/pack



 Keuntungan Belanja Di Toko Kami :

HARGA GROSIR & ECERAN TERMURAH Karena kami tangan pertama selaku Distributor dengan lokasi toko kami di Kota MALANG JATIM, kalimantan selatan tempat asal AKAR KUNING  berada

ONGKOS KIRIM MURAH DAN CEPAT SAMAPAI TUJUAN

REPUTASI BAIK TOKO KAMI Dengan layanan baik dan memuaskan serta ditunjang dengan ketersediaan barang yang senantiasa diborong oleh pelanggan,kami selalu menjaga nama baik OLSHOP kami

 ONLINE SERVICE 24 JAM yang selalu online dapat melayani orderan anda secara langsung Chatting online BBM 

PIN:D72EB0CB

PIN:5C0D17E3

WA/SMS 082234943677  dengan Customer Service kami



Komentar